Saturday, June 25, 2011

Wikipedia Sedikit Ubah Penampilan

Situs perpustakaan internet Wikipedia mendesain uang tampilan yang versi betanya telah diuji oleh 500 ribu pengguna dan akan mulai tampil per 5 April ini. Sedikit perombakan pada tampilan awal dan perubahan pada navigasi situs menjadi lebih standar – tapi yang terpenting adalah desain baru memudahkan dalam mengedit.

"Mengedit halaman akan lebih mudah, berkat toolbar pengeditan baru. Dan kita telah menyederhanakan navigasi situs, memindahkan kotak pencarian untuk memenuhi harapan pengguna dan mengikuti standar web lain, mengurangi beberapa kekacauan," kata Naoko Komura, manajer program Stanton Wikimedia Foundation Usability Project, dalam blogpost-nya.

Berdasarkan studi, ensiklopedia online Wikipedia merupakan situs internet terbesar ke enam ditulis 75 persen lelaki berusia rata-rata 25 tahun. Sebanyak 500 juta pengguna per bulan memperoleh informasi dari situs ini.

Studi ini menemukan sebanyak 80% pengguna menyatakan bersedia ikut berkontribusi dalam mengedit bahasa Wikipedia. Pada saat ini, hanya 1% pengguna Wikipedia bertanggung jawab atas setengah dari situs pengeditan. Beberapa bulan lalu penelitian menemukan pertumbuhan Wikipedia melambat.

Dari temuan Wikipedia Foundation pada pembaca multibahasa Wikipedia, para pengguna berusia di atas 45 tahun cenderung merasa terhambat untuk melakukan perubahan kecil pada data. Mereka takut melakukan pelanggaran. Adapun pengguna berusia muda cenderung berani belajar melakukan perubahan.

Wikipedia berencana memperkenalkan perubahan itu lebih radikal pada tahun mendatang: mengurangi jumlah kode Wiki dalam sistem edit; sehingga memungkinkan para pengguna mengubah data dalam tabel dan informasi kotak melalui bentuk-bentuk sederhana, dan menyediakan kerangka baru penelusuran artikel panjang saat menyuntingnya

GUARDIAN | PURW



Sumber
TEMPO Interaktif, Jakarta

No comments:

Post a Comment