Saturday, June 25, 2011

Daihatsu Resmikan Pembangunan Pabrik Baru

AKHIR pekan lalu PT Astra Daihatsu Motor (ADM) melakukan pemancangan tiang pertama menandai dimulainya pembangunan pabrik baru Daihatsu di Kawasan Industri Suryacipta, Karawang Timur, Jawa Barat.

Pabrik baru yang memiliki luas 70.000 m2 berkapasitas produksi 100.000 unit per tahun ini akan mulai beroperasi akhir 2012. Pabrik ini akan menambah kapasitas produksi ADM dari 330.000 unit per tahun menjadi 430.000 unit per tahun. Peningkatan ini sesuai dengan perkembangan pasar mobil di Indonesia an permintaan ekspor yang terus meningkat.

Manajemen ADM memutuskan untuk membangun pabrik baru di kawasan industri ini karena melihat pabrik ADM di kawasan Sunter, Jakarta sudah tidak memungkinkan lagi untuk ditingkatkan kapasitas produksinya karena keterbatasan lahan yang ada.

Melalui investasi senilai Rp2,1 Trilliun, pabrik baru ADM ini dilengkapi fsailitas stamping, welding, painting dan assembly. Dengan penambahan pabrik baru yang akan mempekerjakan 1.400 orang karyawan ini, ADM diharapkan dapat memenuhi permintaan pasar domestik maupun ekspor, baik untuk merek Daihatsu maupun Toyota.

"Desain pabrik baru Daihatsu ini disesuaikan dengan kondisi Indonesia dan akan menjadi pabrik mobil yang ideal dengan menerapkan green process dan eco friendly. Pabrik ini diharapkan akan menjadi salah satu aset nasional kebanggaan bangsa Indonesia," ujar Sudirman MR selaku Presiden Direktur ADM usai acara.

Acara pemancangan tiang pertama ini dihadiri oleh Menteri Perindustrian Republik Indonesia Mohamad S Hidayat didampingi oleh Presiden Direktur ADM merangkap Direktur PT Astra International Tbk Sudirman MR, Duta Besar Jepang untuk Indonesia Yoshinori Katori dan Bupati Karawang Ade Swara.

Paemancangan tiang pertama ini juga disaksikan oleh Presiden Direktur Daihatsu Motor Company (DMC) Koichi Ina, Senior Managing Director Toyota Motor Corporation (TMC) Takahiro Iwase, Managing Executive Officer Toyota Tsusho Corporation Hiroshi Takano dan Senior Executive Director ADM Takashi Nomoto.

Daihatsu telah berkontribusi pada perkembangan industri otomotif di Indonesia, tumbuh bersama industri pemasoknya dengan melibatkan 155 perusahaan pemasok lapis pertama dan 850 perusahaan pemasok lapis kedua yang mempekerjakan total 507.000 orang karyawan.

Sejak produksi perdana tahun 1977 hingga 2005, total produksi Daihatsu mencapai 1.000.000 unit dan 5 tahun kemudian telah mencapai 2.000.000 unit. Produksi ADM tumbuh signifikan selama 5 tahun terakhir sebesar 315%. Selama tahun 2006 produksi Daihatsu hanya mencapai 95.496 unit namun pada 2010 telah mencapai 300.373 unit.

Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) memperkirakan pasar otomotif nasional tahun 2011 akan mencapai angka 830.000 unit. Melalui investasi pabrik baru di Karawang ini, ADM memiliki peranan yang semakin penting dalam pertumbuhan pasar otomotif nasional. (RO/OL-07)

http://fikirjernih.blogspot.com/2011/06/daihatsu-resmikan-pembangunan-pabrik.html

No comments:

Post a Comment