Saturday, June 25, 2011

Pengguna Twitter di Indonesia Menyamai Kaskus

Pengguna Twitter di Indonesia semakin "menggila". Jumlahnya terus meningkat dan mereka makin sering mengirim pesan atau ngetwit. Bahkan, pengunjung Twitter kini sudah melebih pengunjung situs besar Kaskus.us

Data itu tampak dari Google Trend. Pengunjung Twitter rata-rata per hari lebih dari 200 ribu orang (unique visitor). Forum Diskusi Kaskus.us yang sering disebut sebagai situs komunitas terbesar di Indonesia juga dikunjungi oleh jumlah yang hampir sama.

Ini prestasti besar. Kaskus,us memiliki anggota lebih dari sejuta orang. Namun, jumlah itu dikalahkan oleh pengunjung Twitter asal Indonesia.

Data ini juga ditunjang oleh sejumlah perusahaan riset. comScore, misalnya, seperti ditulis TechCrunh mengatakan pengguna Twitter di Indonesia November 2009 nlalu mencapai 1,4 juta orang. Adapun, pengguna Twitter global mencapai 60 juta orang.

Yang perlu diingat yang tercatat oleh comScore adalah pengunjung Twitter yang menggunakan laman web. Mereka tak mencatat pengguna Twitter yang memakai aplikasi seperti Uber Twitter pada BlackBerry, Echofon pada iPhone maupun TweetDeck pada komputer.

Berdasarkan data Goole Ad Planner, jumlah pengunjung Twitter Indonesia (unique visitor) mencapai 4,6 juta orang. Dengan jumlah itu jadi, jangan heran bila akhir-akhir ini banyak trending topic yang berasal dari Indonesia. Trending topic adalah kata yang paling popular disebut dalam Twitter. Salah satu trending topic asal Indonesia yang mengguncang dunia Twitteresphere adalah "alay", "JJF" (Java Jazz Festival).



Sumber
TEMPO Interaktif, Jakarta

No comments:

Post a Comment